Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Monday, April 11, 2011

Menghitung Masa Subur

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur wanita. Terutama bagi mereka yang menginnginkan dan mendambakan kehamilan.

Perhitungan Kalender
Cara yang biasa digunakan adalah dengan cara alami dengan hitungan kalender. Cara ini adalah cara sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bila dilakukan dengan benar maka setiap pasangan dapat merencanakan sebuah kehamilan.
Masa subur setiap wanita tidak sama, sebaiknya dilakukan pengamatan siklus haid dalam 6 bulan berturut-turut. Perlu diperhatikan bahwa untuk hitungan metode kalender ini, siklus  haid wanita tersebut haruslah teratur.  Siklus haid normal seorang wanita biasanya antara 28 hari - 32 hari.
Contoh perhitungan masa subur pada haid teratur 28 hari :
Hari ke-1 dihitung pada hari pertama haid, maka masa subur wanita tersebut adalah antara hari ke-12 sampai dengan hari ke-16.
Contoh perhitungan masa subur pada siklus haid yang tidak teratur :
Catat siklus haid selama 6 bulan. Kemudian gunakan rumus hari terpendek dan hari terpanjang.
Rumus  :
  • Hari pertama masa subur   =   Jumlah hari terpendek - 18
  • Hari terakhir masa subur  =  Jumlah hari terpanjang - 11
Misalnya : Seorang wanita memiliki siklus terpendek haid adalah 24 hari sedangkan siklus terpanjangnya adalah 32 hari.
** Satu siklus haid dihitung sejak hari pertama haid sampai hari pertama bulan berikutnya
Maka perhitungannya menjadi : 28 - 18 =10 dan 32 - 11 = 21. Jadi masa suburnya adalah antara hari ke-10 sampai hari ke-21 sejak hari pertama haid.
Selain dengan cara perhitungan kalender ada juga tanda-tanda masa subur yang sebenarnya bisa diamati sendiri oleh seorang wanita, antara lain :
Lendir rahim / lendir serviks. Pada saat menjelang masa subur biasa leher rahim mengeluarkan lendir yang berwarna bening. Amati lendir tersebut dengan dua jari, apabila tidak terputus sepanjang kira-kira 2 cm maka itu adalah masa subur bagi seorang wanita.
Suhu tubuh. Pada saat masa subur, keadaan suhu tubuh akan meningkat dibanding hari-hari biasanya. Hal ini disebabkan karena adanya aktifitas hormon progesteron.
Alat. Dipasaran sudah banyak bisa ditemukan dan dijual bebas alat untuk menentukan/menilai masa subur seorang wanita dengan mengukur kadar hormon LH.
Kehamilan adalah sebuah keajaiban yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa dan tips-tips diatas mungkin bisa dijadikan sebagai sebuah referansi bagi pasangan yang ingin merencanakan kehamilan.

0 comments:

Post a Comment