Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Monday, August 1, 2011

Kehalalan Moloco + B12

Saya termasuk yang ASInya "macet". Sekali perah mungkin cuma 5-20 ml.Oleh dokter diresepkan MOLOCO, suplemen ASI. Jamu selama 40 hari pun juga saya minum. Produksi ASI tetap segitu. Memang sih lumayan dengan Moloco jadi sering penuh. Tapi konsumsi ga maksimal, karena tebusnya cuma separuh resep. Mau nebus lagi takut akan syubhatnya yang kandungannya ekstrak plasenta.
Kandungan Moloco + B12:
Extract. Placentae 15 mg. Vitamina B12 (Cyanocobalaminum) 20 mcg.

Ada yang bilang plasenta manusia. Coba deh cari di google tentang isunya. Tapi search demi search ada yang mengaku nih dari pihak produsen obat di komen suatu blog (entah alamatnya di mana):

Bapak/Ibu Yth,
Bersama ini kami bermaksud untuk mengklarifikasi mengenai isu yang beredar pada milis Bapak/Ibu sekalian mengenai produk kami, Moloco B12.
Adapun isu mengenai Moloco B12 ini sebenarnya sudah sejak setahun lalu muncul di berbagai milis dan kami juga sudah melakukan klarifikasi kepada banyak pihak yang menanyakan langsung kepada kami.
Dalam buku MIMS maupun ISO memang tercantum bahwa kandungan tablet Moloco B12 adalah Extr, Placenta + Vitamin B12. Namun perlu kami klarifikasikan bahwa di kedua buku tersebut tidak pernah tercantum bahwa kandungannya Extr. Placenta manusia karena kandungannya memang bukan Extr. Placenta manusia melainkan Extr. Placenta hewani yaitu dari sapi. Hal ini diperkuat dengan Certificate of Analysis dan Material Safety Data Sheet bahan baku Moloco dari supplier kami di Jerman.
Mengenai hal ini pun, pihak kami telah memperlihatkan fotokopi sertifikat pembelian bahan baku yang menyatakan bahwa bahan aktif Moloco B12 adalah ekstrak plasenta sapi kepada dokter-dokter kebidanan dan kandungan, jadi BUKAN PLASENTA MANUSIA sehingga Moloco B12 adalah aman untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu dalam masa menyusui.
Demikian penjelasan dari kami. Semoga dapat diterima dengan baik.
Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Sheila Kansil
Corporate & Legal Affairs Department
PT Darya-Varia Laboratoria Tbk
Graha Darya-Varia 2nd-3rd Floor
Jl. Melawai Raya No. 93
Jakarta 12130, Indonesia
T: (62-21) 725 8010, 725 7973
F: (62-21) 725 8001
E: sheila.kansil@darya-varia.com
W: http://www.darya-varia.com

Hmmm... setidaknya saya sedikit lega. Tapi gak berani nebus resep sisanya :D
Selama 40 hari minum jamu + Habbatussauda (minyak) 2 kali sehari cukup meningkatkan ASI (kira-kira 20-40 ml). Pengen lebih meningkat lagi nih, kadang baby Tsaqiif suka gak puas. Walaupun saat ini sudah mulai meninggalkan susu formulanya (yang kebetulan habis :D).
Selanjutnya saya mau coba Sacred Tea ASI Booster jualan sayah... Melihat testimoni di sini ASInya jadi menggiurkan http://www.originsjamumassage.com/product-Sacred-tea-testimonies.html

Kalo bunda yang baca post ini tergiur juga... Silakan hubungi saya 081808544417.. Atau klik
http://fastmobilepoint.tokopedia.com/product.pl?id=479880

Salam, www.fastmobilepoint.com ^^

UPDATE:
Belakangan saya baca2 hadits tentang pemakaian plasenta. Ternyata, walau dari binatang suci, jika si binatang tidak disembelih secara syar'i maka hukumnya sama dg memakan bangkai.

Dalilnya sabda Nabi SAW,”Apa saja bagian yang dipotong dari binatang ternak, sedang binatang itu masih hidup, maka potongan itu adalah bangkai.” (HR Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud. Lihat Imam Syaukani, Nailul Authar, hadis no 3690, hlm. 1700; Imam Shan’ani, Subulus Salam, I/28).
Jadi... lebih baik berhati-hati terhadap apa yang diresepkan dokter yah, tentang kehalalannya. Apalagi kita tidak tahu detail pembuatannya, apakah berasal dari plasenta sapi yang sudah disembelih atau tidak.

UPDATE 2:
Sekarang ada booster ASI buatan lokal yang sama ampuhnya dengan Sacred Tea loh! Namanya ASI BOOSTER TEA. Harganya jaaaauh lebih murah, isi lebih banyak. Cobain deh! Banyak yang ketagihan ^^

2 comments:

Anonymous said...

Jangan menyebar fitnah, karena aneh disini anda menjatuhkan suatu produk dan anda menyarankan produk lain, sepertinya ada maksud yang terselubung, anda membawa nama agama didalamnya, ingat fitnah anda akan dibalas suatu saat.

Anonymous said...

Itu bukan fitnah... cuma dia memberikan alternatif dr moloco b12.. mmg sih plasenta itu haram d sisi Islam.. baik dlm ubat maupun lotion.. jd org Muslim lebih baik pake alternatif yg lain.. dlu sih sy sempet mkn moloco b12 pas blum tau.. n hasilnya mmg bagus..

Post a Comment