Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Wednesday, April 20, 2011

Berapa kg Sebaiknya Kenaikan Berat Badan Selama Hamil?

Penambahan berat badan (BB) selama hamil idealnya berbeda-beda setiap orangnya, tergantung berapa berat badan sebelum hamil. Walaupun ada yang berpendapat bahwa kenaikan BB ibu hamil sebaiknya sekitar 10-16 kg selama hamil. Untuk menghitung seberapa BB ideal Anda bertambah selama hamil, kita bisa menggunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT).
IMT=
BB sebelum hamil
= Nilai IMT
Tinggi Badan (dalam M)²
Nilai IMT Status BB Penambahan BB ideal
<19,8-20 Underweight 18 kg
20-23 Normal 12-16 kg
23-25 Overweight 9 kg
>26 Obesitas 7 kg
Contoh :
BB sebelum hamil 65 kg
Tinggi Badan : 155 cm
Perhitungan : 65/(1.55)² =27,08
Jadi nilai IMT-nya = 27,08 (Obesitas)
Jadi ibu dengan kondisi diatas termasuk obesitas. Sebaiknya selama hamil berat badannya hanya bertambah sekitar 7 kg.
Menjalankan diet (pembatasan asupan nutrisi) selama hamil memang tidak dianjurkan. Namun pada beberapa wanita yang mengalami kelebihan berat badan (overweight dan obesitas) tetap diperlukan. Karena kenaikan berat badan yang terlalu drastis selama hamil dapat mengganggu kesehatan ibu hamil juga bayinya. Sebenarnya hal itu merupakan dilema. Di satu sisi ibu hamil memerlukan nutrisi lebih dibanding sebelum hamil, sementara kenaikan berat badan berlebih juga bukan merupakan hal yang baik bagi ibu yang sedang hamil.
Untuk itu, kita perlu mempelajari tentang prinsip-prinsip makan yang baik bagi ibu yang mengalami kelebihan berat badan selama kehamilan, diantaranya:
  • Siasati cara mengolah makanan bagi ibu hamil. Kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng atau ditumis dengan tujuan mengurangi konsumsi minyak dalam makanan.
  • Biasakan sarapan pagi dengan makanan yang kaya nutrisi dan kurang kandungan lemaknya. Melewatkan sarapan pagi hanya akan meningkatkan keinginan ibu untuk ngemil yang beresiko menambah berat badan ibu. Sebaiknya ibu menyususn menu seimbang setiap harinya agar ibu tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan.
  • Ganti cemilan dengan buah-buahan. Selain ekonomis buah mengandung sedikit lemak dan gula.
  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari. Selain memenuhi kebutuhan ibu akan cairan, mengurangi keinginan ibu untuk ngemil juga menghindari ibu dari dehidrasi.
Sumber: situs-wanita.com

0 comments:

Post a Comment